Jumat, 26 Agustus 2011

Stress dalam kehidupan


Bagaimana Menyikapi Stress

Stress adalah kenyataan yang sering dihadapi oleh manusia dalam menghadapi kehidupan sekarang yang penuh dengan tantangan dan tekanan ini. Bahkan ada yang tidak dapat mengontrol stressnya dapat berakibat fatal bagi hidupnya. Seperti terkena sakit stroke, jantung bahkan depresi tinggi dan menyebabkan gila.

Untuk itu disini ada beberapa kiat-kiat dalam mengatasi stress :

Hentikan semua kegiatan

Apabila kita sudah mulai merasa stress ketika sedang melakukan kegiatan, maka hentikan kegiatan itu sementara. Habiskan waktu beberapa menit dengan menarik nafas dalam-dalam dan mengeluarkannya dengan perlahan-lahan. Lakukanlah hal ini beberapa menit sampai rasa strees itu akan berkurang.

Ubah Suasana

Ketika stress mulai terasa, luangkanlah waktu anda untuk keluar dari lingkungan tempat anda sedang melakukan kegiatan. Seperti ketika sedang didepan komputer didalam ruangan maka luangkanlah waktu sebentar duduk di teras depan, nikmati pesona alam yang ada. Sehingga pikiran anda akan fresh kembali.

Katakan tidak pada aktifitas yang akan membuat anda over dosis kegiatan

Jangan lakukan semua kegiatan yang anda pikir anda akan mampu melakukannya. Tapi tolaklah beberapa kegiatan yang nantinya akan membuat anda tidak punya waktu sedikitpun untuk diri anda. Lakukanlah semua aktifitas sesuai dengan kemampuan dan standar waktu yang normal.

Seringlah berolah raga

Aktifitas fisik dapat memberikan kesegaran dan mencegah anda dari energi negatif. Tidak mesti olah raga berat, olah raga ringanpun dapat mengurangi stress pada fikiran.

Sisakan beberapa jam dalam seminggu untuk diri anda sendiri

Dalam seminggu luangkanlah waktu untuk menyenangkan diri anda sendiri. Seperti melakukan kegiatan yang menyangkut hobi anda. Misalnya, jalan-jalan atau membaca.

Menuliskan

Cara ini sangat efektif untuk mengusir stress yang menyerang secara tiba-tiba. Yaitu tuliskan beberapa hal yang mengganggu pikiran anda. Lalu tuliskan pula beberapa tindakan yang dapat andalakukan untuk mengatasi beban masalah tersebut. Anda akan terhindar dari stress.

Perbanyak humor

Beberapa studi kasus menunjukkan bahwa penderita sakit kronispun dapat mengurangi penderitaan yang dirasakannnya dengan tertawa beberapa kali dalam sehari. Nah ini juga sudah tentu ampuh dalam mengusir stress. Tapi jangan terlalu berlebihan pula tertawanya, ntar dikira ada kelainan lagi ama orang.

Hiduplah untuk hari ini

Ini adalah resep paling mujarab dalam mengusir stress. Nikmatilah hidup yang sedang anda lewati sekarang ini dengan sebaik-baiknya. Jangan hidup untuk masa lalu ataupun merasa khawatir dengan masa yang akan datang. Kehidupan manusia sudah ada yang mengatur. Manusia hanyalah menerima dan menjalani. Jangan sia-siakan hidup anda dengan yang namanya stress.


Disamping kiat-kiat diatas, ada tambahan lagi buat meringankan stress. Yaitu dari aspek makanan / buah-buahan / sayuran. Ada beberapa jenis buahan / buahan / sayuran yang dapat menurunkan dan mengurangi tingkatan stress yang kita hadapi. Diantaranya :

Bayam

Sayur bayam bening mengandung 40 persen magnesium dari kebutuhan harian anda. Bayam dapat mencegah sakit kepala migrain, dan rasa lelah (faktor penyebab stress)


Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega 3. Diet tinggi asam lemak omega 3 melindungi tubuh dari penyakit jantung (penyakit akibat stress).

Alpukat

Mengandung lemak dan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah (dampak stress).

Jeruk

Mengandung vitamin C yang membantu mengurangi stress dan mengembalikan tekanan darah dan kolesterol (penyebab stress) ketingkat normal setelah anda stress. Juga akan meningkatkan kekebalan pada tubuh kita.

Ubi jalar

Ubi jalar akan memenuhi kebutuhan tubuh untuk mendapatkan karbohidrat saat anda berada dibawah tekanan stress. Ubi mengandung vitamin beta-karoten yang membantu proses karbohidrat dalam tubuh.


Oke sampai disini dulu ya. Ingat.....jangan sampai stress. Hadapi kehidupan dengan enjoooyyy....
Sampai jumpa......

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar