Selasa, 27 Desember 2011

Jangan Pernah Putus Asa

Hidup adalah anugrah dari Allah swt. Masih diberikan kesempatan untuk bernafas hari ini maka ucapkanlah syukur. Karena itu berarti kita masih ada waktu yang diberikan Allah untuk mempersiapkan bekal menuju kehidupan hari akhir.

Dalam kehidupan manusia sekarang ini, masalah yang dihadapi manusia semakin kompleks. Mulai dari masalah makan, kerjaan, pakaian, dan tempat tinggal. Semua manusia berlomba dan bersaing untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik. Dengan kata lain, manusia mesti berjuang kalau ingin kehidupannya berubah dari hari ke hari untuk menjadi lebih baik.

Dalam sebuah perjuangan sudah pasti akan ada kata-kata pengorbanan. Dan dalam perjuangan hidup manusia, mereka akan juga melakukan pengorbanan. Baik yang mereka sadari atau tidak mereka sadari. Misalnya, seorang ayah demi memperjuangkan kebahagiaan istri dan anak-anaknya akan rela mengorbankan waktu istirahatnya agar bisa lebih banyak mendapatkan penghasilan untuk anak istrinya. Seorang ibu demi perjuangan membesarkan anak-anaknya akan rela mengorbankan rasa laparnya agar anak-anaknya bisa makan makanan yang cukup. Seseorang yang ingin cita-citanya tercapai akan mengorbankan uang, waktu dan tenaga demi tercapainya cita-cita tersebut. 

Berjuang untuk kehidupan sangatlah berat di zaman sekarang ini. Bahkan ada yang menghalalkan segala macam cara agar keinginannya terwujud. Tetapi tidak semua keinginan yang diperjuangkan manusia akan mendapatkan hasil seperti yang mereka harapkan. Ada kalanya ternyata apa yang telah manusia perjuangan dengan mati-matian akhirnya menghasilkan sesuatu yang sia-sia. Pada saat seperti ini manusia akhirnya mengenal kata-kata "putus asa".

Dalam agama Islam, putus asa sangat tidak disukai oleh Allah. Karena hal itu menyebabkan kita tidak mengakui kekuasaan Allah. semua yang ada di atas muka bumi ini adalah ciptaan Allah swt. Dan apa-apa yang akan terjadi di muka bumi ini memang sudah ditakdirkan oleh Allah. Manusia hanyalah menjalaninya. Untuk itulah kita selalu diajarkan agar segala sesuatu yang kita lakukan diatas dunia ini semata-mata harus lah dengan keikhlasan dan mengharap ridho Allah. Kita boleh berjuang, berusaha dan berdo'a. Tetapi Allah yang akn menentukan hasil akhirnya. Apila kita berjuang dengan ridho Allah, maka apapun hasil dari perjuangan kita itu kita akan bisa menerimanya dengan lapang dada. Hasil yang baik kita ucapkan syukur, namun apabila hasinya tidak sesuai keinginan kita janganlah putus asa.

Mengapa manusia bisa putus asa?
  1. Kurangnya keyakinan dalam diri bahwa Allah Penentu Segala-galanya
  2. Merasa kegagalan adalah akhir dari segala-galanya
  3. Tidak yakin dengan kemampuan diri sendiri
  4. Kurangnya motivasi dan semangat dalam diri seseorang dalam menjalani kehidupan
  5. Merasa bahwa apa yang sudah gagal tidak dapat diulang lagi
  6. Kurangnya berteman dengan orang-orang yang berspirit tinggi dalam kehiupan
Apakah bahaya dari putus asa?
  1. Dapat menyebabkan stress sehingga mudah dihinggapi berbagai macam penyakit
  2. Bisa menyebabkan seseorang menjadi gila atau tidak waras
  3. Memicu terjadinya bunuh diri pada seseorang
  4. Menyebabkan penuaan dini, karena selalu memikirkan kegagalan terus menerus
  5. Menghilangkan keyakinan (iman) seseorang akan Kebesaran dan Kekuasaan Allah
  6. Tidak peduli lagi dengan kehidupan dan dirinya sendiri sehingga dapat memicu terjadinya hal-hal aneh diluar nalar manusia, seperti kesurupan
Bagaimanakah menghindari putus asa?
  1. Pertebal keyakinan kepada Allah bahwa semua yang terjadi adalah takdir dari Allah.
  2. Percaya bahwa setiap peristiwa pasti ada hikmah disebalik itu
  3. Tanamkan prinsip dalam diri bahwa "kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda"
  4. Selalu bersemangat dalam setiap perjuangan kehidupan, walaupun pernah mengalami kegagalan hari ini, ulangi lagi pada kesempatan yang lain
  5. Perbanyak berteman dengan orang-orang yang mempunyai semangat dan motivasi tinggi dalam kehidupannya sehingga kita akan terbawa semangatnya.
  6. Percaya akan kemampuan diri sendiri
  7. Yakinkan dalam diri bahwa Allah pasti memberi yang terbaik pada setiap makhluknya
Jadi bagi kita sekarang sebagai makhluk Allah, berjuanglah semampu kita untuk mendapatkan kehidupan dunia yang lebih baik tanpa mengetepikan perjuangan bekal untuk hidup diakhirat nanti. Namun jangan pernah putus asa jikalau usaha dan perjuangan kita pernah mengalami kegagalan. Ingatlah, putus asa adalah sikap yang tidak menghargai kehidupan. Bukankah hidup itu indah? Jadi janganlah pernah putus asa.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar