Rabu, 14 Desember 2011

Keajaiban Sabar Dalam Kehidupan

Sebagian dari kita saat melihat sesuatu yang tidak menyenangkan dan menyulitkan terjadi pada orang-orang terdekat kita sering mengatakan saat menenangkan hati mereka berkata "Ya, yang sabar saja". Atau saat kita sendiri mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan berusaha mendinginkan hati dan pikiran dengan memberikan motivasi pada diri sendiri untuk belajar bersabar menyikapi keadaan.

Arti Kesabaran
Bersabar berarti kita mencoba melapangkan dada kita yang sempit oleh keadaan yang menekan emosi, pikiran dan jiwa sehingga kita dapat membedakan yang mana baik dan yang mana buruk. Kita berusaha melonggarkan beban diri dengan menata ulang kemauan keras yang dimiliki. Kita meiliki kesanggupan untuk berhadapan dengan kesulitan yang mencerminkan kebesaran jiwa danpikiran serta ketabahan diri.

Makna Dalam Kesabaran
Salah satu maknanya menurut Tamsil Arab adalah, Sabar itu kunci untuk keluar dari kesulitan. Barang siapa bersabar maka ia akan keluar dari kesulitan. Barang siapa bersabar maka ia akan berhasil mengatasi permasalahan atau buah dengan kata lain buah kesabaran itu adalah keberhasilan.

Macam-macam Kesabaran
"Rasulullah saw bersabda "Sabar itu ada tiga, pertama sabar menjalankan ta'at, kedua sabar menghadapi musibah (bala'), ketiga sabar meninggalkan maksiat. Maka, siapa sabar atas penderitaan musibah sehingga ditolaknya dengan hiburan yang baik, maka dicatat baginya tiga ratus derajat. Dan siapa berbuat ta'at maka dicatat baginya enam ratus derajat. Dan barang siapa sabar meninggalkan maksiat maka akan dicatat baginya sembilan ratus derajat".

Hikmah Yang Di Dapat Dari Perilaku Bersabar
Menghapus Dosa dan Kesalahan
"Dan apa saja musibah yang menimpa maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, maka Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu" (QS. As-Syura : 30)

Mendapatkan kebaikan dan ditinggikan beberapa derajat
"Sesungguhnya seseorang yang benar-benar memiliki kedudukan disisi Allah, namun tidak ada satu amal yang bisa mengantarkannya kesana. Maka Allah senantiasa mencobanya dengan sesuatu yang tidak disukainya. Sehingga dia bisa sampai pada kedudukan yang dikehendaki Allah" (HR. Abu Ya'La, Ibnu Hiban, dan Al Hakim)

Salah satu jalan meraih surga
"Firman Allah, "Wahai anak Adam, jika engkau sabar dan mencari keridhaan pada saat musibah yang pertama, maka Aku tidak meridhoi pahalamu melainkan surga" (HR. Ibnu Majah)

Membuat seseorang kembali kepada Rabb-Nya dan mengingat kesalahannya
"Dan sesungguhnya Kami mengutus (Rasul-Rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan supaya mereka bermohon (kepada Allah) dengan tundukmerendahkan diri" (QS. Al-An'am : 42)

Pedoman Untuk Menghsilkan Kesabaran Yang Benar
  1. Semua musibah atau kesulitan sudah ditakdirkan oleh Allah
  2. Kita harus memiliki keyakinan bahwa Allah lebih sayang kepada kita sehingga kita diberikan musibah dan kesulitan sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-hambaNya.
  3. Allah telah memberikan kesulitan dan musibah semata-mata karena Dia Lebih Tau apa yang terbaik bagi kita melebihi pengetahuan kita terhadap diri sendiri
  4. Jalan terbaik untuk menghadapi kesulitan dan musibah adalah sabar
  5. Musibah dan kesulitan adalah bentuk lain dari cinta Allah kepada kita
  6. Putus asa adalah tindakan yang justru menghilangkan rahmat Allah
  7. Surga adalah hadiah kesabaran
  8. Kesulitan dan musibah itu teramat kecil bila dibandingkan dengan nikmat Allah yang kita terima
  9. Berkeyakinan bahwa setiap musibah dan masalah selalu mempunyai jalan keluarnya
  10. Sebagai pengingat nikmat Allah yang lalu dan yang telah ada
Tidak ada manusia yang dalam kehidupannya tidak mendapatkan ujian. Baik dalam bentuk kesenangan maupun kesengsaraan. Tidak ada kata yang ajaib dalam menghadapi semua itu selain kata SABAR dan ucapan Innalillahi wa innalillahi rajiu'un. Dan kembalikanlah semua keluh kesah itu dengan bersikap sabar.




Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar