Jumat, 16 Desember 2011

Merubah Nasib kehidupan

Kalau saat ini anda adalah termasuk orang yang gagal, baik dalam urusan ekonomi, kepercayaan diri, merasa hidup anda sial dan menyakitkan terus, maka saat inilah waktu untuk anda berubah. saat dimana anda baru kembali pada kesucian diri (fitrah) sehabis melaksanakan ramadhan dan menyambut syawal. Sekaranglah saatnya anda mengubah nasib anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bahkan menjadi sukses dimasa yang akan datang.

Berikut saya berikan jurus-jurus / kiat-kiat ampuh untuk mengubah nasib :

1. Tanamkan niat
Ini adalah hal mpertama dan utama yang anda perlukan untuk mengubah nasib anda. Sekaligus modal utama untuk melaksanakan perubahan itu sendiri. Tanpa ada niat dalam hati anda untuk berubah, maka apapun yang akan anda lakukan akan semuanya akan sia-sia. Anda harus menanamkan niat bahwa anda mampu mengubah nasib anda sendiri dengan semua potensi yang anda miliki sendiri. Jangan pernah renungi atau sesali nasib buruk yang telah terjadi, sehingga anda tidak bersungguh-sungguh untuk berubah. Namun jangan pula hanya berhayal akan berubah, tanpa ada tindakan penggalian potensi diri. Karena itu akan membuat niat anda sia-sia.

2.  Intropeksi diri
Sebagai manusia, kita tidak akan pernah luput dari yang namanya salah. Dalam melakukan upaya mengubah nasib maka tindakan pertama anda adalah menyadari tentang diri sendiri. Sadari bahwa besar kemungkinan nasib buruk yang telah terjadi pada anda merupakan akibat dari perbuatan anda sendiri. Orang bijak pernah mengatakan "kebiasaan menentukan sifat, sifat menentukan karakter, dan karakter menentukan nasib". Mungkin saja nasib buruk anda sekarang karena dulu anda malas belajar, anda boros, anda terlalu mudah percaya dengan sesuatu yang belum jelas dan kebiasaan negatif lainnya. Setelah semua itu anda sadari dengan sepenuh hati anda, maka mulailah untuk menghilangkan semua kebiasaan buruk itu mulai dari sekarang.

3.  Jangan sesali yang telah terjadi
Orang bijak pernah berkata "penyesalan itu selalu datang dibelakang". dan hal itu memang benar. Namun bagi anda yang ingin berubah nasibnya jangan pernah menyesali nasib buruk yang telah anda alami. Dan janganlah mencari kambing hitam siap yang patut anda salahkan karena nasib buruk yang menimpa anda. Karena itu tidak akan mengubah apa-apa. sebab semuanya bersumber dari dalam diri anda sendiri.

4.  Menetapkan apa yang ingin anda ubah
Ini adalah pokok utama dalam perubahan nasib anda. Anda harus tentukan dan kenali nasib buruk yang ingin anda ubah. Misalnya hidup anda sekarang selalu buruk dari segi keuangan, maka anda harus bisa menggali potensi yang ada dalam diri anda untuk memperbaiki keuangan anda. Luahkan semua ekspresi diri anda dengan bebas sehingga tercipta sesuatu yang baru yang akan mengubah keuangan anda menjadi lebih baik.

5.  Buat langkah sistematis
Tulislah langkah-langkah yang akan anda lakukan secara sistematis. Mulai dari yang paling mudah anda lakukan hingga yang tersulit. lakukan semuanya itu dengan pikiran positif tanpa beban apapun. Lupakan semua luka karena nasib buruk yang telah anda alami. Kalau tahap ini mampu anda lewati maka tahap tersulitpun akan dengan mudah anda lalui.

6.  Bulatkan tekad
Setelah tahu dan menetapkan apa yang akan anda ubah dan telah menetapkan langkah-langkah perubahan itu secara sistematis. Maka anda harus bulatkan tekad anda untuk dapat melakukan perubahan itu. Bulatkan tekad anda bahwa anda mampu merubah nasib anda. Kerahkan semua potensi yang ada pada diri anda. Dengan niat yang kuat dan tekad yang bulat maka anda pasti berhasil mengubah nasib anda menjadi lebih baik.

7.  Pantau perkembangan anda
Untuk ini anda memerlukan pihak ketiga sebagai mediator sekaligus sebagai motivator dalam proses perubahan nasib anda. Mintalah bantuan sahabat atau keluarga ayang anda percayai untuk memantau perkembangan anda sekaligus dapat menjadi motivator kalau terjadi kesalahan pada anda sewaktu proses perubahan berlangsung. Belajarlah untuk terbuka dan berani menerima kritikan orang lain. Jangan pernah malu atau segan untuk bertanya kepada orang-orang yang dapat membantu perubahan anda.

8.  Berpegang teguh pada tujuan akhir
Tujuan akhir anda adalah mengubah nasib anda menjadi lebih baik. jadi anda harus pegang keteguhan itu. Jangan pernah hadirkan rasa kecewa selama proses perubahan itu berlangsung dan jangan biarkan hambatan apapun yang akan merusak tujuan akhir anda tersebut. Karena perubahan nasib ini sangat bergantung pada semangat perjuangan anda dan daya tahan anda sendiri terhadap hambatan dan rintangan yang ada.

9.  Tanamkan rasa syukur
Ingat, proses perubahan nasib yang anda jalankan bukanlah akan mendapatkan hasil dalam waktu yang cepat dan langsung yang terbaik. Namun terkesan lambat dan bertahap. Jadi setiap tahap yang anda lalui akan melihatkan suatu perubahan walaupun hanya sedikit. Namun syukurilah setiap perubahan yang telah terjadi tersebut. Sekecil apapun perubahan ini tetaplah bersyukur dan terus lanjutkan perjuangan sampai benar-benar nasib itu telah nampak berubah dengan jelas.

10.  Berhenti meminta belas kasihan orang
Jangan pernah mengatakan pada diri anda bahwa anda adalah orang yang paling sengsara didunia. Sehingga menimbulkan simpati orang lain. Namun itu sebenarnya anda telah menarik sendiri aura negatif kedalam diri anda. Pada awalnya mungkin orang simpati. Tapi kalau anda tidak segera melakukan perubahan maka nasib anda akan lebih menyedihkan.

11.  Tegar
Dalam mengubah nasib yang anda lakukan kuncinya adalah ketegaran. Apabila anda tegar maka anda akan dapat menjalani perubahan ini sehingga berhasil. Dan dengan ketegaran hati anda juga akan dapat mengatasi semua hambatan dan halangan yang terjadi selama proses perubahan nasib anda tersebut. Dan akhirnya anda benar-benar telah mengubah nasib anda menjadi lebih baik...Dan sukses dihari depannya...
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar