Rabu, 17 Agustus 2011

Pernikahan dalam kehidupan


FENOMENA-FENOMENA MENGENAI PERNIKAHAN

Pernikahan adalah salah satu hal yang tidak dapat terlepas dalam kehidupan manusia. Bermacam-macam fenomena sering muncul didalam yang namanya pernikahan. Apakah itu sebelum pernikahan atau sesudah pernikahan. Pernikahan dalam agama adalah syarat sah nya hubungan antara makhluk yang namanya perempuan dan laki-laki. Pernikahan yang sah juga akan menjadi landasan huku apabila terjadi sesuatu dalam pernikahan itu sendiri nantinya. Berikut beberapa fenomena yang sering ditemui dalam masyarakat sekarang ini yang berkaitan dengan pernikahan. Dan sedikit pandangan dalam mengatasinya.

Salah satu pasangan menikah dengan pilihan orang tuanya

Fenomena ini sering kita temui dalam msayarakat. Sepasang kekasih terpaksa harus berpisah dan harus menerima kenyataan bahwa salah satu pasangannya menikah dengan pilihan orang tuanya. Walaupun kita katakan sekarang zaman sudah modern namun hal itu masih sering kita jumpai terjadi dalam masyarakat sekarang ini. Apabila ini terjadi pada diri anda maka hal utama yang harus anda lakukan adalah fokuskan mengenai hari-hari ke depan anda. Dalam kehidupan manusia kadang yang terjadi tidak seperti yang kita harapkan. Kenangan masa lalu memang tidak akan bisa dilupakan, namun jadikanlah itu hanya sebagai kenangan dalam perjalanan kehidupan anda. Untuk itu belajarlah melihat realita secara apa adanya. Kenyataan yang terjadi adalah bahwa pernikahan pasangan anda telah ditentukan oleh orang tuanya. Dan keputusan telah diambil pasangan anda. Artinya pernikahan itu pasti akan terlaksana. Kalau sudah demikian yang jadi pertimbangan anda adalah apakah masa lalu anda lebih berharga daripada kehidupan anda ke depan? Seberapapun indahnya kenangan itu, kehidupan anda ke depan lebih berarti bagi diri anda dan orang-orang disekeliling anda. Untuk itu berfikirlah dengan positif, dan jangan sekali kali punya niat untuk menggagalkan pernikahan pasangan anda tersebut. Kalau bisa tetaplah menjaga tali silaturahim dengan mantan kekasih anda tersebut. Ada kalanya melakukan sesuatu yang lebih benar secara logika justru mempercepat pulihnya rasa luka dan sakit hati yang kita rasakan. Kedepannya mulailah langkah yang baru karena masih banyak hal-hal yang indah dapat terjadi tanpa pernah kita sangka-sangka datangnya. Semakin lama anda terpuruk maka semakin lama pula hal-hal indah tersebut anda rasakan kembali.

Antara pernikahan dan karier

Prinsip menentukan prioritas sebenarnya hanya berdasarkan pertimbangan yang matang dan disadari mengenai apa yang paling dipentingkan dalam setiap fase kehidupan. Hal ini tentunya yang subjektif, namun menjadi pilihan yang benar jika didasarkan pada alasan dan pertimbangan yang kuat. Semakin bertambah usia seseorang maka pertimbangannya makin kompleks karena tidak hanya utuk kepentingan diri sendiri namun juga harus mempertimbangkan keberadaan orang-orang yang berarti dalam masa tersebut. Untuk menentukan manakah yang lebih penting menikah atau karier, langkah terpenting adalah bicarakan hal tersebut dengan pasangan anda. Diskusikan dengan tenang dan waktu yang tepat agar dapat menghasilkan keputusan yang benar bagi kedua belah pihak. Jangan mengutamakan ego masing-masing. Dengan demikian akan bisa tercipta suatu pernikaha tanpa harus mengetepikan karier pasangan anda.

Gagal menikah diambang pernikahan

Ironi memang, tetapi ini cukup sering terjadi pada pasangan-pasangan yang sering ribut atau cekcok menjelang pernikahannya. Bukan semua pasangan melewati saat-saat seperti ini, namun pertengkaran ini lebih dimungkinkan terjadi akibat beberapa hal. Bisa jadi karena tekanan menjelang pernikahan, mulai dari perbedaan selera atau prinsip. Dan lagi pada saat-saat ini sifat asli masing-masing akan keluar. Sehingga sering timbul keraguan pada beberapa pasangan terhadap pasangannya yang bisa juga berakibat keraguan untuk meneruskan pernikahan tersebut. Namun apapun alasannya pernikahan haruslah dilaksanakan dengan penuh keyakinan dan kemantapan hati. Bukan dengan keragu raguan. Untuk menghindari kegagalan pernikahan pada saat-saat seperti ini sebaiknya langkah yang diambil adalah mengambil waktu untuk lebih memantapkan keputusan menikah tersebut. Bukankah menunda itu bukan berarti suatu kegagalan. Lebih baik anda menunda namun pernikahan itu pasti terlaksana baik. Daripada anda paksakan diri, namun akhirnya pernikahan itu malah gagal sama sekali. Pilihan ditangan anda.

Pernikahan dengan pasangan yang tela menikah

Inilah fenomena terhangat dalam kehidupan masyarakat kita sekarang ini. Dalam agama Islam poligami memang diperblehkan asal dengan izin istri pertama. Tapi apakah benar ada seorang istri yang benar-benar ikhlas membiarkan suami menikah lagi? Mungkin mulut dan sikap berkata iya, namun apakah hati dan perasaan bisa seiring? Bukankah perempuan itu adalah makhluk Allah yang sangat pandai menyebunyikan perasaannya?. Karena hal inilah sekarang dalam masyarakat kita lagi "tren" yang namanya nikah sirri. Ya, nikah sirri sedang menjamur dalam kehidupan masyarakat kita sekarang ini. Dan untuk yang satu ini semuanya tergantung pada diri masaing-masing individu dala menilainya. Sebab, rasa cinta dan sayang yang dimiliki oleh manusia adalah anugrah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Hanya saja tempat dan waktu berseminya yang mungkin kita bilang tidak tepat dan kadang manusia tidak bisa mengendalikannya. Jadi janganlah cepat berpandangan negatif dengan perempuan yang berstatus istri kedua atau istri sirri. Karena dalam agama mereka tidaklah melakukan dosa. Tapi bagi yang akan menjalani atau ingin memulainya sebaiknya berfikirlah kembali secara matang. Karena sebagai perempuan tindakan anda tersebut akan menyakiti perasaan perempuan lain yang sama kodratnya seperti anda. Namun kalau kondisinya tidak bisa dielakkan lagi dikarenakan adanya alasan-alasan yang kuat maka jalanilah pernikahan itu dengan rasa penuh tanggung jawab. Karena pada dasarnya pernikahan itu adalah sakral dan suci. Dan dalam agama, suatu pernikahan adalah ibadah. Maka jalanilah pernikahan itu dengan niat dan hati yang besih.

Oke, itu dulu ya untuk tulisan hari ini.
Bagi rekan-rekan yang punya keinginan agar ditulis artikel sesuai yang rekan inginkan, rekan-rekan boleh kirim email ke : yulvamaerman@yahoo.co.id. Berikan spesifikasi yang mau dibahas. Insyaallah nanti akan saya coba tuliskan. Tapi ingat, yang berkaitan dengan fenomena-fenomena hidup dan kehidupan. Mudah-mudahan kita-kita semua dapat pencerahan diri menghadapi kehidupan ini.

Ditunggu ya, sampai jumpa.........

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar