Jumat, 16 Desember 2011

Belajar Hidup Sederhana

Dizaman serba canggih ini memang tidak mudah hidup sederhana seperti meniru cara hidup Rasulullah SAW. Mudah-mudahan tips dibawah ini bisa membantu usaha anda dalam hidup hemat, anti boros dan menghin dari hutang.

1.  Cobalah do'a ini : "Ya Allah berilah kami kebaikan didunia dan diakhirat dan lindungi kami dari api neraka (Al-Qur'an 201). Ini adalah "do'a sapujagat" untuk meminta kepada Allah hanya kebaikan di dunia dan akhirat.

2.  Dari mana anda mendapatkan uang? Inilah pertanyaan yang harus terus menerus dicari jawabnnya. Jadi bersiap-siaplah mencari tahu lebih jelas pekerjaan yang telah anda lakukan bertahun-tahun. Bersiap-siap pula mencari pekerjaan yang membuat anda bisa mendapatkan uang halal dan bukan uang haram

3.  Mulailah membuat rencana keuangan pribadi yang lebih mudah dimengerti. Mungkin anda akan pusing bila mendengar kata anggaran atau budget. Ini akan membantu menelusuri dari mana saja uang anda berasal dan kemana saja perginya, serta bagaimana membayar semua utang. Dengan kata lain, mengajarkan anda untuk menggunakan uang secara lebih bijaksana.

4.  Catat dan segera bayar semua utang-utang. Mulai dari pinjaman dari kakak/adik/teman sampai tunggakan cicilan kredit barang elektronik anda. Masukkan semua catatan utang kedalam rencana keuangan pribadi anda. Lalu sisihkan sebagian penghasilan anda untuk membayar hutang-hutang itu. Jangan tunggu sampai tunggakan anda menjadi semakin bertumpuk. Mulailah dari hari ini.

5.  Jangan tergiur membeli apapun kalau tidak punya uang. Memakai kartu kredit sama saja dengan berhutang. Kemudahan membeli seringkali berarti kesulitan membayar kembali. Ingatlah membeli dengan kartu kredit berarti menggunakan riba, salah satu dosa.

6.  Kalau tidak terdesak jangan meminjam uang meskipun tanpa bunga sekalipun, misalnya kepada teman atau saudara. Ini hanya akan menambah pusing kepala karena dapat mempengaruhi hubungan pertemanan ataupun kekeluargaan.

7.  Jangan jadikan belanja sebagai rekreasi. Belanja bukanlah kebiasaan hidup dalam budaya kita. Celakanya sekarang belanja dijadikan sebagai salah satu kegiatan untuk mengobati stress ataupun untuk sekedar rekreasi. Jadi mulailah membuat peraturan bahwa anda tidak akan mendatangi supermarket kecuali bil ada hal yang harus dibeli. Mulailah mengalihkan rekreasi anda dari mall kepusat-pusat olahraga atau ciptakanlah kegiatan yang melibatkan seluruh keluarga dirumah seperti membaca.

8.  Bacalah do'a ini sebelum masuk kepasar : "La ilaha illallahu wahdahu la sharikalahu lahul mulku wa la hul hamdu yuhyi wa yumit wa huwa hayyu la yamut bi yadihil khayru wa huwa 'ala kulli shayin qadiir" (Tirmidhi dan Al-Hakim).

9.  Sisihkan uang untuk sedekah. Ingatlah sedekah tidak akan mengurangi kekayaan anda. Terus cari kesempatan untuk bersedekah, kapanpun waktunya.

10.  Menabung, bukan untuk menumpuk kekayaan tetapi untuk berjaga-jaga bila tiba-tiba membutuhkan uang dalam keadaan darurat dan tersdesak.

11.  Tutup mata dari melihat kekayaan tetangga. Tidak perlu panas hati bila melihat tetangga membeli suatu barang barau atau mewah. Tidak perlu terlibat dalam persaingan untuk mendapatkan kenikmatan hidup di dunia. Kondisi ini justru akan memperbudak hidup anda. Perbanyak teman yang tidak bersifat suka pamer.

12.  Kurangi waktu anak menonton TV karena hanya mengakibatkan mereka semakin konsumtif. Alihkan kebiasaan mereka dengan kebiasaan yang lebih berguna, seperti membaca sesuatu yang bermanfaat.

13.  Shalat Istikharah sebelum membeli sesuatu barang kebutuhan yang  harganya sangat tinggi dan menuntut anda untuk berfikir sekian kali untuk mengambil keputusan membeli atau tidak.
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar